Catatan Travelling -- Perjalanan ke Taman Keanekaragaman Hayati Kiara Payung Sumedang

0

Travelling nuansa alam masih menjadi sasaran tembak saya untuk menjelajahi sekaligus menikmati indahnya pemandangan yang telah Tuhan ciptakan untuk kita. Kali ini saya mencoba 'mendaki' salah satu pegunungan di Jawa Barat, tepatnya di Kiara Payung, desa Sindang sari Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat.  Di lokasi tersebut selain terdapat bumi perkemahan Kiara Payung, saya menemukan destinasi baru yaitu Taman Keanekaragaman Hayati Kiara Payung Sumedang.


Nah, apa itu Taman Keanekaragaman Hayati ? 

Secara definisi, Taman Keanekaragaman Hayati (kehati) adalah suatu kawasan di luar kawasan konservasi yang dibangun menjadi tempat pencadangan sumber daya alam hayati lokal dan mempunyai fungsi konservasi in-situ dan/atau ex-situ. Taman kehati diharapkan dapat mewakili ekosistem yang terdapat di sekitarnya untuk mempertahankan keberadaan spesies (jenis) tumbuhan dan satwa serta variasi genetika lokal, endemik dan langka.



Keanekaragaman hayati  atau ”Biological diversity“ dapat diterjemahkan sebagai semua makluk yang hidup di bumi, termasuk semua spesies tumbuhan, binatang dan mikroba. Indonesia merupakan salah satu dari 12 Pusat Keanekaragaman Hayati Dunia yang memiliki ± 28.000 jenis tumbuh-tumbuhan dan diantaranya terdapat 400 jenis buah-buahan yang dapat dimakan dan sangat bermanfaat sebagai sumber keragaman genetik bagi program pemuliaan. Selain itu, Indonesia memiliki 7500 jenis tumbuhan obat yang merupakan 10% tumbuhan obat yang ada di dunia. 



Namun demikian, baru 940 spesies tanaman yang telah diidentifikasi dan lebih dari 6000 spesies tanaman bunga, baik yang liar maupun dipelihara telah dimanfaatkan untuk keperluan bahan makanan, pakaian, dan obat-obatan. Nilai kehati tersebut cukup besar yang saat ini masih terabaikan karena belum seluruhnya dapat dinilai secara moneter

 

Taman keanekaragaman hayati merupakan pilihan strategis dan salah satu alternatif dalam konservasi jens tumbuhan khas Jawa Barat. Pemerintah Provinsi Jawa Barat didukung oleh KLH menginisiasi program Pembangunan Taman Keanekaragaman Hayati sebagai suatu kawasan pelestarian keanekaragaman hayati Jawa Barat dan upaya pencegahan kepunahan flora dan fauna khas Jawa Barat. Pembagunan kehati ini juga melibatkan beberapa perusahaan diantaranya PT Pertamina yang membina salah satu area (blok) dan pembibitan varietas tanaman langka dan endemik. Kemudian PT Pupuk Kujang salah satu perusahaan BUMN sekaligus produsen pupuk di Jawa Barat yang memberikan bantuan berupa pupuk majemuk untuk penyubur tanah di area tersebut.

 

Sebagai tambahan informasi, pembangunan salah satu taman keanekaragaman hayati di wilayah Provinsi Jawa Barat ini ditetapkan di areal Arboretum dan Hutan Konservasi  di Kiara Payung, desa Sindang sari Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat dengan luas 15 ha. Ditetapkan dengan keputusan Gubernur No 593/Kep.821-BPLHD/2011 tentang Penetapan Lokasi Taman Keanekaragaman Hayati Jawa Barat.



0 comments:

Post a Comment

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting