Catatan Travelling -- Jalan - jalan Singapore : NEWater

0


Saya berkesempatan mengunjungi NEWater Visitor Center di Public Utilities Board (PUB) di Gedung Lingkungan 22-01, 40 Scotts Road, Singapura. Lembaga PUB merupakan agensi air nasional di bawah Kementerian Lingkungan dan Sumber Daya Air. Agensi ini mengelola secara terpadu pasokan air untuk Singapura, penampungan air, dan air bekas pemakaian. 


Seperti kita ketahui, kebutuhan air minum semakin hari dirasakan semakin meningkat. Hal ini tidak hanya disebabkan oleh meningkatnya jumlah penduduk, tetapi juga meningkatkan volume pemakaian air terkait dengan meningkatnya kualitas hidup dan tingkat perekonomian masyarakat. 

Menurut data, 70% permukaan bumi kita adalah air. Akan tetapi dari semua air itu 97% adalah air asin dan sisanya 3% adalah air tawar. Prosentasi air tawar tadi masih dibagi dengan es, air tanah, air permukaan dan uap air. Selain itu, tidak semua air tawar layak untuk diminum. Itu juga belum termasuk air yang tercemar oleh manusia. Dan tidak semua daerah di dunia ini mendapatkan porsi air yang cukup.

Mungkin pada saat ini kita masih bisa menikmati air bersih dengan cuma - cuma. Tetapi bagaimana kondisi kita saat 20 tahun lagi atau 50 tahun lagi. Apakah kita masih bisa merasakan air bersih lagi ?

Singapura memang terkenal luar biasa terkait kecanggihan teknologi. Mereka membuktikan dirinya semakin pantas diacungi jempol dengan penemuannya dalam mendaur ulang air secara steril dan higienis. Sumber daya air yang berjumlah sangat terbatas, membuat negara ini memaksimalkan potensi air yang dimilikinya. Bahasa sederhana untuk NEwater ialah air buangan (wastewater) yang dibersihkan lewat serangkaian proses hingga hasil akhirnya aman dikonsumsi manusia (meski kebanyakan dipakai oleh industri). Hal ini dapat menjadi pelajaran bagi kita, sebab mereka yang langka air, benar benar mempergunakan air seoptimal mungkin, bukan semaksimal mungkin.


Apa itu NEWater ?

NEWater yang bermutu tinggi air reklamasi dihasilkan dari air yang digunakan diperlakukan yang dimurnikan lebih lanjut menggunakan teknologi membran canggih, membuat air ultra-bersih dan aman untuk diminum. NEWater telah berlalu lebih dari 65.000 tes ilmiah dan melampaui persyaratan Organisasi Kesehatan Dunia. Untuk Proses/tahapan dalam pengolahan NEWater ini ada 3 ini langsung saja detailnya :

Tahap pertama dari proses produksi NEWater dikenal sebagai Mikrofiltrasi (MF). Dalam proses ini, air yang digunakan diperlakukan dilewatkan melalui membran untuk menyaring dan dipertahankan pada padatan tersuspensi permukaan membran, partikel koloid, bakteri penyebab penyakit, beberapa virus dan kista protozoa. Air yang masuk disaring melalui membran hanya berisi garam terlarut dan molekul organik.

Tahap kedua dari proses produksi NEWater dikenal sebagai Reverse Osmosis (RO). Dalam RO, membran semipermeabel digunakan. Membran semipermeabel memiliki pori-pori sangat kecil yang hanya memungkinkan molekul yang sangat kecil seperti molekul air untuk melewatinya. Akibatnya, kontaminan yang tidak diinginkan seperti bakteri, virus, logam berat, nitrat, klorida, sulfat, desinfeksi oleh-produk, hidrokarbon aromatik, pestisida dll, tidak dapat melewati membran. Oleh karena itu, NEWater adalah air RO dan bebas dari virus, bakteri, dan mengandung sejumlah diabaikan garam dan bahan organik.

Pada tahap ini, air sudah dari kualitas air kelas tinggi. Tahap ketiga dari proses produksi NEWater benar-benar bertindak sebagai pengaman lanjut back-up untuk RO. Pada tahap ini, ultraviolet atau UV desinfeksi digunakan untuk memastikan bahwa semua organisme yang tidak aktif dan kemurnian air produk dijamin.


Dengan penambahan beberapa bahan kimia alkali untuk mengembalikan keseimbangan asam-alkali atau pH, NEWater kini siap untuk disalurkan ke berbagai perusahaan aplikasi.

Bahkan, RO adalah teknologi secara luas diakui dan didirikan yang telah digunakan secara luas di banyak daerah lain. Ini termasuk produksi air minum dalam kemasan dan produksi ultra-bersih air untuk fabrikasi wafer dan industri elektronik. RO juga menjadi semakin populer sebagai salah satu teknologi yang digunakan dalam desalinasi air laut untuk konsumsi manusia. Hal ini juga digunakan untuk mendaur ulang air yang digunakan untuk minum air di pesawat ulang-alik dan Stasiun Luar Angkasa Internasional..

Saat ini, total kapasitas dari tiga pabrik adalah sekitar 20 juta US galon per hari (75.700 m3/hari). Sekitar 6% dari ini digunakan untuk penggunaan minum tidak langsung, yang menyumbang 1% dari kebutuhan minum Singapura air 380 juta galon AS per hari (13 m3/s). Sisa air yang digunakan di pabrik fabrikasi wafer dan non-minum di aplikasi industri di Woodlands, Tampines, Pasir Ris, dan Ang Mo Kio.


Untuk menjamin sebuah pasokan air yang beragam dan berkesinambungan, Singapura mengandalkan Empat Keran Nasional (Four National Taps), yakni resapan air lokal, impor dari Malaysia, daur ulang dengan NEWater, dan desalinasi atau pemurnian air dari kadar garam.




0 comments:

Post a Comment

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting