Catatan Travelling -- Melancong ke Dusun Bambu

0

Tempat wisata yang satu ini sayang sekali terlewatkan, terlebih apabila Anda sudah menginjakkan kaki di Kota Bandung. Ya, Dusun Bambu bisa menjadi alternatif pilihan lokasi wisata bagi keluarga Anda.

Saya coba mendeskripsikan kenapa tempat ini layak dinikmati bagi keluarga Anda sekalian. Ok, jadi Dusun Bambu ini terletak di kaki Gunung Burangrang Lembang. Di lokasi wisata keluarga ini juga dilengkapi restaurant, villa dan fasilitas lainnya yang diberi nama oleh pemiliknya Pasar Khatulistiwa dan Tegal Pangulinan.

Disini, Anda dapat menikmati sensasi acara makan di resto yang menggantung yakni Lutung Kasarung. Untuk dapat bersantap di area Lutung Kasarung ini, Anda harus antri booking karena terbatas tempatnya. 

Untuk anak - anak yang menyukai binatang kelinci, di Dusun Bambu ini juga ada Istana Kelinci dimana area nya didesain unik sehingga anak - anak dapat berinteraksi langsung dengan saudara-nya Bobo ini.



Nama Dusun Bambu itu sendiri dipakai karena tempat ini rencananya kedepan akan menjadi tempat konservasi bambu. Sampai saat ini, baru ada sekitar 50 jenis bambu yang ditanam di area Dusun Bambu dari 112 jenis yang direncanakan.  



Jadi konsep Dusun Bambu Family Leisure Park menurut si pemiliknya, mencoba untuk mendefinisikan filosofi harmonisasi antara manusia dengan alam dalam bentuk konservasi bambu dengan konsep 6E: Edukasi, Ekonomi, Etnologi, Etika dan Estetika. Dengan konsep 6E ini, Dusun Bambu mempunyai impian menjadi ekowanawisata pertama yang berada di Jawa Barat. 



Satu lagi, untuk mencapai ke semua lokasi di area Dusun Bambu, Anda bisa menggunakan mobil shuttle dengan gratis. Bentuk mobil shuttle-nya juga terbilang unik, warna warni seperti pelangi, bangku membentang panjang layaknya angkot dan tidak berjendela alias AC alami.





Terakhir, untuk lokasi atau alamat Dusun Bambu terletak di Jl. Kertawangi (Komplek Komando), Cisarua Bandung Barat. 

Anda bisa lewat Jl.  Kolonel Masturi KM 11. Tetapi saran saya, jika Anda yang melakukan perjalanan dari Arah Jakarta menuju Bandung melalui Tol Cipularang dan memang ingin ke arah Lembang lebih baik Anda keluar via exit Tol Padalarang. 

Setelah keluar tol Padalarang dan masuk jalan protokol menuju arah Cimahi carilah jalur alternatif karena lalu lintas padat merayap terutama pada liburan akhir pekan. 


Aktifkan GPS atau aplikasi map Anda. Pilih jalur via Jalan H. Gofur. Dari jalan H. Gofur ini Anda mempunyai pilihan, terus lurus via jalan H. Gofur atau via jalan Tegal Kawung dan terus ikuti jalur ini sampai nanti Anda keluar bergabung masuk ke Jalan Kolonel Masturi. Karena kalau Anda memaksa masuk melalui Kota Cimahi via Jalan Kolonel Masturi, Anda akan terjebak antrian macet ular - ularan kendaraan hingga puluhan kilometer.

Tol Pasteur >> Ledeng >> Jl. Sersan Sodik >> Jl. Kolonel Masturi
Tol Pasteur >> Ledeng >> Lembang >> Jl. Kolonel Masturi
Tol Padalarang >> Cimahi >> Jl. Kolonel Masturi



0 comments:

Post a Comment

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting