Catatan Satwa -- Anaconda

0

Ular Anaconda merupakan golongan ular besar endemik di perairan tawar dan sungai - sungai di daerah tropis Amerika Selatan. Anaconda ini menjadi salah satu hewan yang melegenda. Anaconda juga memiliki genus Eunectes, terdiri dari 4 spesies yaitu Anaconda Hijau (Eunectes murinus), Anaconda Kuning (Eunectes notaeus), Anaconda Tutul (Eunectes deschauenseei) dan Anaconda bolivia (Eunectes beniensis). 


Anaconda juga bisa memiliki panjang maksimal 6 meter dan berat mencapai hampir 70 kg, sehingga Anaconda merupakan ular terberat didunia. Bobot mereka yang berat membuat gerakan mereka melambat di darat, tetapi jika di air mereka sangat lincah untuk bergerak. 

Nama ilmiah mereka Eunectes berasal dari bahasa Yunani yang artinya Perenang Andal. Sesuai namanya, Anaconda adalah ular yang sangat lihai berenang dan lebih suka berburu didalam air. Anaconda adalah predator tinggi, tetapi apabila mencoba menelan Jaguar atau Buaya terkadang membuat Anaconda luka parah atau bahkan mati. Sebenarnya, Anaconda takut pada manusia karena mereka kerap dibunuh dan habitatnya dirusak. 

0 comments:

Post a Comment

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting