Catatan Lingkungan -- TOSS, Pengolahan Sampah Tanpa Pemilahan dengan Proses Peuyeumisasi Mengubah Sampah Menjadi Energi

2


TOSS (Tempat Olah Sampah Setempat) yaitu suatu unit – unit kecil tempat pengolahan sampah yang berlokasi didekat / ditempat sumber sampah berasal. Sampah yang ada dapat diproses di TOSS tanpa harus diangkut dan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). TOSS dilengkapi dengan alat pengolah sampah, dan peralatan pembangkit listrik, dan mesin-mesin pembuat pelet / briket. Dalam konsep TOSS tidak dipelukan lagi Tempat Pembuangan Akhir (TPA).
# Peuyeumisasi
Peuyeumisasi sampah dilakukan dengan persiapan cara fermentasi dan pemrosesan secara komposting. Bahan yang diproses tidak hanya bahan organik yang biodegradable saja, melainkan semua jenis bahan yang terikutkan di dalam sampah.

Proses ini bisa berjalan lebih cepat akibat bantuan mikroba efektif sebagai bahan pengaktif nabati ke dalam sampah yang mengandung nutrisi, lempung dan kapur. Temperatur sampai hari ke empat akan meningkat sampai 50 - 60 oC, sehingga melumpuhkan patogen.

Keunggulan peuyeumisasi karena peralatannya relatif sederhana, pengolahan waktunya cepat, memanfaatkan energi dalam sampah dan tidak perlu ada pemilahan antara sampah organik dan anorganik. Pemilahan antara sampah anorganik yang masih mempunyai nilai ekonomis seperti botol plastik dapat dilakukan untuk bersinergi dengan Bank Sampah.

Proses peuyeumisasi dilakukan dengan menempatkan sampah pada boks berukuran (1x1x2)m. Pada saat pengisian sampah kedalam boks proses perlu diperhatikan yaitu setiap ketebalan layer sampah sekitar 20 cm dilakukan penyiraman air yang telah dicampurkan bio aktivator (YATOSS). Komposisisnya untuk 1 : 40 (1 liter bio aktivator dalam 40 liter air). 
Bok Proses Ukuran 1m x 1m x 2m
Selanjutnya diisi kembali dengan sampah sampai ketebalan 20 cm berikutnya serta dilakukan penyiraman kembali dengan cara yang sama sampai mencapai ketinggian tertentu sesuai dengan yang diinginkan. Tujuannya adalah agar bioaktivator tercampur merata dengan sampah dan proses peuyeumisasi berjalan dengan baik.


Kemudian melakukan pengamatan untuk parameter temperatur dan pH. Jika temperatur naik dan menurun, menandakan proses bekerja (evaluasi selama 2 – 5 hari). Perlu diperhatikan, apabila temperatur naik hingga 55oC, hidupkan blower. Periksa secara berkala, jika setelah blower dihidupkan temperatur masih naik, buka tutup plastik. Lakukan proses ini selama kurang lebih 10 hari.

Parameter lain yang diperhatikan adalah bau sampah pada boks proses, dimana keberadaan lalat di sekitar boks sampah. Pada hari ke-2 dan hari ke-3 bau sudah mulai hilang dan lalat sudah tidak ada. Pada hari ke-4 dan hari ke-5 semut mulai ada didalam boks proses. Ini juga merupakan indikasi proses pembetukan glukosa pada proses peuyeumisasi berjalan dengan baik.

Proses peuyeumisasi idealnya dilakukan selama 10 – 12 hari di dalam boks proses, akan tetapi jika proses peuyeumisasi sudah selesai pada waktu 6 – 7 hari (terindikasi dengan temperatur kembali ke temperatur ruang dan volume sampah menurun 25% – 50% serta bau sudah hilang) maka proses dalam boks proses sudah dapat dibongkar.

Tahapan selanjutnya, sampah hasil proses peuyeumisasi dihaluskan dengan menggunakan mesin crusher dan diayak sesuai dengan kehalusan tertentu. Kemudian siapkan perekat dengan cara melarutkan 1 kg kanji dengan 10 liter air panas, aduk sampai semua kanji terlarut sempurna. Campurkan sampah yang sudah dihaluskan dan diayak dengan 1 – 3% perekat yang sudah dibuat dengan menggunakan mesin mixer sampai perekat tercampur sempurna. Berikutnya, masukkan bahan tersebut kedalam mesin pencetakan pelet / briket.

Proses selanjutnya jika dikonversi menjadi listrik, maka membutuhkan peralatan tambahan yaitu Gasifier & Genset.




2 comments:

Qtech said...

Bisakah saya tau cara membuat bioaktivator nya.?

rpwidyasmara@gmail.com said...

Bioaktivator dapat dibuat dari bahan tape singkong / tape ketan (100 gr) dengan mencampurkan air (1 lt) dan gula (5 sendok makan). Tunggu sekitar 4 - 5 hari atau sampai tercium aroma alkohol dari campuran tersebut.

Post a Comment

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting