Catatan Travelling -- Kawah Putih Ciwidey

0

Akhirnya setelah menempuh perjalanan panjang dari Kota Bandung ke arah selatan kurang lebih 50 km, sampai juga saya di Kawah Putih CiwideyObjek wisata ini berlokasi tidak jauh dari Situ Patenggang Ciwidey

Kawah Putih ini berada di ketinggian mencapai 2.400 meter dpl. Suhu udara di objek wisata ini cenderung dingin, jadi jangan lupa bawa jaket klo kesini ya !

Kisah tentang Kawah Putih ini diketahui berawal pada abad ke-10. Di masa lampau, terjadi sebuah letusan Gunung Patuha yang sangat hebat. Pasca letusan, terdapat kejadian aneh di mana sekelompok burung yang terbang melewati Kawah Putih ini didapati mati. Inilah sebab pada masa itu penduduk setempat menganggap bahwa area tersebut merupakan kawasan yang angker.

Seiring dengan berjalannya waktu, keangkeran tersebut perlahan sirna. Terutama setelah tahun 1837, seorang ahli botani asal Jerman, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, melakukan penelitian di kawasan Ciwidey dan akhirnya tiba di puncak Gunung Patuha serta menjumpai keberadaan danau putih yang sangat indah. Dari danau tersebut, tercium aroma belerang yang sangat menyengat. Sejak saat itulah objek wisata Ciwidey ini terekspos ke publik luas.


Objek wisata Kawah Putih Ciwidey sesungguhnya adalah sebuah danau yang terbentuk dari hasil letusan Gunung Patuha. Sebagaimana nama yang disematkan padanya, tanah di kawasan objek wisata ini memang berwarna putih. Warna putih ini berasal dari campuran unsur belerang. Selain itu, air danau juga berwarna putih kehijauan dan warna danau ini dapat berubah sesuai tinggi rendahnya suhu, faktor cuaca, dan kadar belerang yang terkandung.


Oleh pemerintah lokal, kawasan wisata Kawah Putih di Ciwidey mulai dikembangkan sejak tahun 1987 sebagai sebuah destinasi wisata alam yang menawan. Secara bertahap, fasiltas penunjang dihadirkan guna mendukung kenyamanan wisata di sana, baik itu akses transportasi dari pintu gerbang sampai ke kawah, area parkir yang luas, pusat informasi, restoran, warung makan, mushola, hingga toilet umum.

Sumber : 

0 comments:

Post a Comment

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting