Catatan Travelling -- Wisata Alam ala Cowboy di De'Ranch Lembang

0

Tujuan selanjutnya.... Dunia Cowboy ! Ya,,, ternyata di Lembang ada perkampungan Cowboy, he he he...  Sambil menikmati susu segar gratis sebagai salah satu service buat pengunjung yang telah membeli tiket tanda masuk, ane menjelajahi setiap sudut di kawasan wisata ini, sementara anak ane sibuk dengan arena permainan yang ada di De’Ranch.


De’Ranch memberikan nuansa baru dalam wisata alam dengan menampilkan nuansa peternakan di mana kuda masih merupakan hewan pekerja yang utama seperti di zaman cowboy.

Nikmati suasana peternakan sambil menunggang kuda dengan kostum khas cowboy, lahan hijau dan aktifitas lainnya untuk seluruh keluarga.


Sebagai tempat wisata kuda ala cowboy, pengunjung dengan mengenakan kostum cowboy, layak nya seorang cowboy pekerja , mengitari lokasi De’Ranch dengan menunggang kuda ditemani oleh pemandu kuda yang berpengalaman. Bagi yang ingin mengenal kegiatan berkuda lebih jauh, De’Ranch menyediakan pelajaran menunggang sebagai dasar olah raga equestrian, pengetahuan mengenai pemeliharaan dan perawatan kuda hingga kursus mengendarai kereta berkuda (delman). Disamping itu, tersedia kegiatan kegiatan lain dimana keluarga dapat beraktifitas bersama-sama dengan gembira, memperluas wawasan dan pengetahuan mengenai kehidupan peternakan khususnya kuda dan sapi perah.


Tujuan dari De’Ranch sangat sederhana yaitu menyediakan tempat bagi keluarga untuk dapat beraktifitas bersama, melalui kegiatan yang aman dan menyenangkan di alam terbuka. Selanjutnya De’Ranch, bersama dengan masyarakat sekitar dan potensi wisata lain disertai dukungan dari pemerintah daerah, senantiasa akan berusaha menjadikan kota Lembang sebagai kawasan wisata primadona di propinsi Jawa Barat.


Sejarah De’Ranch

Bermula sebagai tempat pemeliharaan kuda tunggang, dan beberapa ekor sapi perah, tempat seluas 5 Ha ini dari segi lokasi, kontur dan pemandangan alam mempunyai potensi untuk dapat dikembangkan menjadi suatu tempat wisata. Hal inilah yang menjadi dasar pertimbangan Perry Tristianto dari The Big Price Cut Group untuk mengembangkan tempat ini dengan menampilkan konsep ‘wisata kuda ala cowboy’.

Konsep ini dirasakan cocok dengan suasana peternakan, dan nama De’Ranch digunakan sebagai nama tempat ini, kemudian Uke Ridwan ditunjuk untuk mewakili The Big Price Cut sebagai pengelola De’Ranch.

Pada bulan Desember 2007, De’Ranch resmi dibuka untuk umum sebagai tempat wisata kuda ala cowboy yang bertemakan ‘food, leisure and knowledge’. Untuk Uke Ridwan, kuda bukanlah binatang asing, kuda telah dikenalnya semenjak usia 10 tahun, dan sebagai pehobby kuda, mengelola sebuah tempat yang berhubungan dengan kuda adalah cita-cita nya sejak kecil. Hingga saat ini De’Ranch telah mempunyai sekitar 20 ekor kuda dari pelbagai daerah dan dalam pengoperasian wisata kuda De’Ranch pun bekerja sama dengan masyarakat pemilik kuda yang berdomisli di sekitar lokasi De’Ranch.


Company Social Responsibility

Pada kegiatan operasionalnya manajemen De’Ranch melibatkan masyarakat pemilik kuda di sekitar lokasi De’Ranch untuk dapat turut serta dalam operasional kuda tunggang di De’Ranch.

Bersama masyarakat pelaku usaha tanaman hias dan sayuran membentuk Pasar Tanaman De’Ranch.

Memfasilitasi komunitas delman yang beroperasi di kota Lembang dengan membentuk Paguyuban Delman Wisata (PADEWI) , disamping sebagai salah satu sarana transportasi wisatawan juga sebagai sumber informasi dalam memperkenalkan tempat tempat wisata lain yang ada di seputaran kota Lembang.


Alamat De’Ranch :
Jln. Maribaya no. 17,
Lembang - Bandung
tlp. (022)278-5865, fax (022)278-5842

Jadwal normal:
Buka setiap hari,
kecuali hari Senin
Hari biasa: 09.00 - 17.00
Weekend/hari libur: 08.00 - 18.00

Sumber : http://deranchlembang.com/, diakses 28 Juni 2015

0 comments:

Post a Comment

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting